January 2, 2009

about cancer

hoi hoi, sedikit ilmu tadi yang aku baca dari parkwaycancercentre.com :
"Semua kanker dimulai dalam sel-sel, yang merupakan unit dasar kehidupan dari tubuh. Untuk memahami kanker, ada gunanya kita mengetahui apa yang terjadi ketika sel-sel normal berubah menjadi sel-sel kanker. 
Tubuh terdiri dari berbagai jenis sel. Sel-sel ini tumbuh dan membelah diri dengan cara yang terkendali, untuk menghasilkan lebih banyak sel yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Saat sel-sel ini menjadi tua atau rusak, sel-sel tersebut akan mati dan digantikan oleh sel-sel baru. 
Tapi, terkadang proses yang teratur ini berjalan dengan salah. Materi genetika (DNA) dari sebuah sel bisa rusak atau berubah, menghasilkan mutasi yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembelahan sel yang normal. Saat ini terjadi, sel-sel tidak mati seperti seharusnya dan terbentuklah sel-sel baru yang tidak diperlukan tubuh. Sel-sel tambahan ini kemudian membentuk gumpalan jaringan yang disebut tumor. 
Tidak semua tumor bersifat kanker; tumor bisa jinak atau ganas. Tumor jinak bukanlah kanker. Tumor seperti ini seringkali bisa diangkat, dan umumnya tidak tumbuh kembali. Sel-sel tumor jinak tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sedangkan tumor ganas adalah kanker. Sel-sel dalam tumor ini  bisa menyerang jaringan di dekatnya dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Penyebaran kanker dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya disebut metastasis. 
Sebagian besar kanker dinamakan sesuai organ tubuh atau jenis sel tempat asalnya. Misalnya, kanker yang dimulai dari lambung disebut dengan kanker lambung. Beberapa jenis kanker tidak membentuk tumor. Misalnya, leukemia adalah kanker pada sumsum tulang dan darah." 
kita sudah tau kanker merupakan penyakit yang ganas dan mematikan yang asal mulanya berupa gumpalan yang disebut tumor dan kemudian menyebar diseluruh organ tubuh, lebih baik kita mencegah daripada merasakan :)
bagi perokok-perokok berat sebaiknya berhenti mulai dari sekarang, karena rokok merupakan penyebab terbesar yang menyebabkan terjadinya kanker. apalagi orang yang menghisap asap rokok juga bisa terkena, merugikan sekali kan ? apalagi orang disekitar itu adalah keluarga kalian sendiri.
tahun 08  lalu, nenek temanku yang sekarang sudah almarhum, terserang kanker rahim stadium 4, alm.nenek temanku sudah dirawat di rumah sakit mulai bulan november 08, setiap dia menjenguk neneknya dia engga pernah melihat neneknya tidur tenang, katanya selalu berguling-guling di tempat tidur merasakan sakitnya di melawan kanker. sampai bulan desember kemarin, nenek temanku sudah tidak bisa berjuang hidup.
lebih lengkapnya tentang kanker klik disini, cegah kanker sejak dini :)

0 comments:

 
Copyright 2009 HELLO WORLD.Aulia Mutiarani